workshop-biodiversity-unas

Jakarta [UNAS] – Keanekaragaman hayati di Indonesia sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, tapi siapa sangka masih ada potensi keanekaragaman alam di Indonesia. ‘Geledah Jakarta, Menguak Potensi Keanekaragaman Hayati Ibukota’ yang menjadi tema dalam workshop Cap(na)ture Biodiversity Warriors. Diadakan oleh Biodiversity Warriors KEHATI yang bekerjasama dengan Fakultas Biologi Universitas Nasional pada hari Sabtu (21/3) di ruang seminar selasar lantai tiga.

Acara Cap(na)ture Biodiversity Warriors ini dibuka oleh dekan Fakultas Biologi Universitas Nasional, Drs. Imran Said Lumban Tobing, M.Si. Dalam Workshop ini membahas Biodiversity Jakarta yang disampaikan oleh dosen Biologi Unas Drs. Tatang Mitra Setia M.Si., Green Map System yang disampaikan oleh kordinator peta hijau jakarta Ganjar Wibowo, Penulisan Populer oleh Fadli Sofyan dan Fotografi Wildlife oleh Adi Kristanto S.Si. Ada 80 titik pengamatan lokasi keanekaragaman hayati di jakarta yang masih bisa dilestarikan.

Sesi pertama workshop membahas Biodiversity jakarta dan Green Map System. Ternyata biodiversitas di jakarta masih tersisa walaupun banyak yang telah hilang secara tidak sadar. Selanjutnya dalam workshop ini membahas peta hijau di jakarta. Tadinya ada 40 lokasi hijau dan hanya tersisa setengahnya ungkap Ganjar Wibowo, Koordinator Peta Hijau Jakarta. Kemudian sesi kedua workshop ini membahas tentang penelitian. Dalam penelitian diperlukan dua hal penting yaitu bisa menulis dan memotret untuk mendokumentasikan apa yang telah diteliti.

Ada 80 titik pengamatan lokasi keanekaragaman hayati di jakarta yang masih bisa dilestarikan. Rencananya setelah workshop yang dihadiri oleh berbagai kalangan dari mulai anak-anak SMA, anggota komunitas, dan masyarakat umum akan langsung diadakan survey langsung biodiversity di Jakarta. Penelitian pertama direncanakan tanggal 5 April 2015 Hutan Kota Serengseng Jakarta Barat dan Cijantung. Biodiversity Warriors mengajak siapa saja yang mau ikut mengadakan penelitian ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *