Sasaran :
Sasaran yang akan dicapai dalam kurun waktu 2010-2013 adalah :
1. Meningkatnya relevansi kurikulum berbasis kompetensi terhadap kebutuhan dan
tuntutan stakeholders serta perkembangan biologi;
2. Meningkatnya efektivitas, efisiensi dan produktivitas proses pembelajaran dan
pengelolaan pendidikan;
3. Meningkatnya atmosfer akademik;
4. Meningkatnya kualitas lulusan; berbudi pekerti, berdaya saing tinggi dan
memiliki jiwa kepemimpinan yang adaptif terhadap masyarakat dan
lingkungan;
5. Meningkatnya kualitas dosen;
6. Meningkatnya kualitas tenaga kependidikan;
7. Meningkatnya mutu sistem informasi manajemen internal dan keorganisasian;
8. Terwujudnya sistem penjaminan mutu secara terintegrasi dan berkelanjutan;
9. Meningkatnya penerapan sistem reward and punishment kinerja akademik;
10. Meningkatnya fasilitas teknologi informasi dan komunikasi yang dapat
dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian
pada masyarakat;
11. Meningkatnya fungsi perpustakaan (PII, Lab) untuk dosen dan mahasiswa;
12. Meningkatnya kuantitas dan kualitas peralatan Laboratorium untuk kegiatan
pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat;
13. Meningkatnya kuantitas dan kualitas kegiatan ektrakurikuler berupa pelatihan,
diskusi dan seminar;
14. Meningkatnya peran alumni dalam kegiatan ilmiah dan pengembangan program
studi;
15. Meningkatnya kuantitas dan kualitas kegiatan penelitian dan pengabdian pada
masyarakat oleh dosen dan/atau mahasiswa;
16. Meningkatnya disseminasi hasil penelitian kepada masyarakat, dan publikasi karya
ilmiah dosen, baik nasional maupun internasional;
17. Meningkatnya kuantitas dan kualitas kegiatan kerjasama dengan institusi yang sudah
terbina selama ini;
18. Meningkatnya jumlah institusi yang akan bekerjasama dengan program studi dan
Fabiona;
Strategi pencapaian :
Berbagai strategi yang dipilih dan akan dilaksanakan dalam upaya mewujudkan visi,
misi, tujuan dan sasaran adalah :
1. Bidang pendidikan
a. Menerapkan kurikulum berbasis kompetensi sesuai dengan aspek relevansi, pada
tahun 2012;
b. Melakukan evaluasi atas kebijakan akademik secara rutin setiap awal semester
untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi dan produktivitas proses pembelajaran
dan pengelolaan pendidikan, pada tahun 2010-2013 ;
c. Mengembangkan metode pembelajaran ke arah student centered learning (SCL)
untuk meningkatkan atmosfer akademik, pada tahun 2010-2013 ;
d. Meningkatkan peranan Pembimbing Akademik (PA) dalam merencanakan dan
mengontrol aktivitas akademik mahasiswa untuk meningkatkan kualitas lulusan
pada tahun 2010-2013;
e. Meningkatkan mutu penulisan Karya Ilmiah, pelaksanaan Kuliah Kerja
Lapangan dan Tugas Akhir (Skripsi) mahasiswa melalui bimbingan konseling
penelitian untuk meningkatkan kualitas lulusan, pada tahun 2010-2013.
2. Bidang sumberdaya manusia
a. Memfasilitasi studi lanjut dosen ke jenjang S2 dan S3, pada tahun 2010-2013;
b. Melaksanakan seminar rutin dan diskusi internal dosen pada tahun 2010-2013;
c. Mengirimkan dosen dan tenaga kependidikan mengikuti seminar / workshop /
pelatihan pada tahun 2010-2013.
3. Bidang manajemen internal dan organisasi
a. Menyusun sistem informasi manajemen dan prosedur operasional untuk semua
kegiatan yang dilaksanakan program studi sebagai suatu Instruksi Kerja
(standard operasional prosedur), pada tahun 2010;
b. Mengoptimalkan peranan Unit Penjaminan Mutu Fakultas, pada tahun 2011;
c. Penerapan sistem reward and punishment kinerja akademik, pada tahun 2010-
2013;
d. Penerapan budaya organisasi bagi semua komponen, pada tahun 2012 ;
e. Pengukuran kinerja semua personil dan unit yang ada di Fakultas dan Prodi,
pada tahun 2013.
4. Bidang sarana pendukung
a. Meningkatkan ketersediaan teknologi informasi dan komunikasi, pada tahun
2010-2013;
b. Meningkatkan fungsi perpustakaan (PII, Lab) bagi dosen dan mahasiswa, pada
tahun 2010-2013 ;
c. Meningkatkan sarana dan prasarana laboratorium untuk kegiatan pendidikan dan
penelitian, pada tahun 2010-2013.
5. Bidang kemahasiswaan dan alumni
a. Mempertahankan dan meningkatkan kualitas kegiatan-kegiatan rutin tahunan
senat mahasiswa (Kunjungan Ilmiah, Pengenalan Dasar Lapangan, Studi Biologi
Lapangan); baik kegiatan pelatihan dan diskusi maupun seminar setiap kegiatan,
pada tahun 2010-2013;
b. Mempertahankan dan meningkatkan kuantitas dan kualitas kegiatan mahasiswa
yang tergabung dalam setiap kelompok studi (Kelompok Studi Penyu Laut, KS
Ekologi Perairan, Bioflora, Biosfor, Biology Bird Club, dan Forum Studi
Primata), pada tahun 2010-2013;
c. Meningkatkan peranan Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Biologi Universitas
Nasional (Ika Fabiona), 2011-2013.
6. Bidang penelitian dan pengabdian pada masyarakat
a. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dosen, dengan mewajibkan
para dosen melaksanakan penelitian minimal satu dalam satu tahun, pada tahun
2011-2013;
b. Meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi penelitian dosen dan/atau
mahasiswa, pada tahun 2011-2013;
c. Meningkatkan kuantitas dan kualitas pengabdian pada masyarakat oleh dosen
dan/atau mahasiswa, pada tahun 2011-2013;
d. Mengadakan pelatihan metodologi penelitian, dengan mengundang nara
sumber luar yang kompeten di bidang penelitian, pada tahun 2012-2013;
e. Pemberian insentif yang memadai untuk mendukung kegiatan penelitian dan
pengabdian pada masyarakat oleh dosen, dalam bentuk uang dan atau beban sks,
pada tahun 2010-2013;
f. Meningkatkan disseminasi karya ilmiah dosen kepada masyarakat, pada tahun
2011-2013.
7. Bidang kerjasama
a. Meningkatnya mutu dan jenis kegiatan kerjasama dengan instansi yang sudah
terbina, pada tahun 2010-2013;
b. Merintis kerjasama dengan berbagai institusi lainnya yang dapat bermanfaat bagi
peningkatan kualitas segala aktivitas di program stud dan Fakultas Biologi, pada
tahun 2010-2013.